Support Online

Photobucket
Memberi Informasi Online. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 27 November 2010

mengatasi emosi


emosi?? kata orang pagi-pagi udah bikin emosi, ngajak beramtem..bukannya bikin kue malah bikin emosi...hehhehehImage Hosted by ImageShack.ustrus apa ya emosi itu??kenpa kalau emosi maunya berantem atau Bad mood kalau mau melakukan kegiatan?? iseng- iseng saya cari emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu. Kebanyakan ahli yakin bahwa emosi lebih cepat berlalu daripada suasana hati. Sebagai contoh, bila seseorang bersikap kasar, manusia akan merasa marah. Perasaan intens kemarahan tersebut mungkin datang dan pergi dengan cukup cepat tetapi ketika sedang dalam suasana hati yang buruk, seseorang dapat merasa tidak enak untuk beberapa jam, karena waktunya cukup cepat,saya punya sedikit saran ni, kebetulan saya tipe orang yang jarang emosi,hehehImage Hosted by ImageShack.us

saya pikir dulu yaImage Hosted by ImageShack.us :
1. Mengenali emosi diri.
ini penting meliputi kemampuan kamu untuk mengidentifikasi apa yang sesungguhnya Anda rasakan. Setiap kali suatu emosi tertentu muncul dalam pikiran, kamu harus dapat menangkap pesan apa yang ingin disampaikan. Berikut adalah beberapa contoh pesan dari emosi: takut, sakit hati, marah, frustasi, kecewa, rasa bersalah, kesepian.

2. Melepaskan emosi negatif
Berkaitan dengan kemampuan kamu untuk memahami dampak dari emosi negatif terhadap diri kamu. Sebagai contoh keinginan untuk memperbaiki situasi ataupun memenuhi target yang membuat kamu mudah marah Image Hosted by ImageShack.usataupun frustasiImage Hosted by ImageShack.usseringkali justru merusak hubungan kamu dengan teman kamu yang dapat menyebabkan stres. Jadi, selama kamu dikendalikan oleh emosi negatif kamu justru kamu tidak bisa mencapai potensi terbaik dari diri Anda. Solusinya, lepaskan emosi negatif melalui teknik pendayagunaan pikiran bawah sadar dan hadrkan pikiran positif kamu sehingga kamu maupun orang-orang di sekitar kamu tidak menerima dampak negatif dari emosi negatif yang muncul.

3. banyak-banyak Nyebut
nyebut-nyebut mungkin itu kalau marahnya tidak terkendali, mungkin bukan mengakatakan "bud bud", itu mah nama saya budi santosoImage Hosted by ImageShack.usyang dimaksud nyebut adalah kamu beristigfar kepada Allah semoga kamu tidak emosi, karena nama Allah bisa menyejukkan dan memberi peringatan kepada kamu

4. Mengelola emosi diri sendiri
Kamu jangan pernah menganggap emosi negatif atau positif itu baik atau buruk. Emosi adalah sekedar sinyal bagi kita untuk melakukan tindakan untuk mengatasi penyebab munculnya perasaan itu. Jadi emosi adalah awal bukan hasil akhir dari kejadian atau peristiwa. Kemampuan kita untuk mengendalikan dan mengelola emosi dapat membantu kamu mencapai kesuksesan.

Ada beberapa langkah dalam mengelola emosi diri sendiri, yaitu: pertama adalah menghargai emosi dan menyadari dukungannya kepada kamu.

Kedua berusaha mengetahui pesan yang disampaikan emosi, dan meyakini bahwa kita pernah berhasil menangani emosi ini sebelumnya. Ketiga adalah dengan bergembira kita mengambil tindakan untuk menanganinya. Kemampuan kita mengelola emosi adalah bentuk pengendalian diri yang paling penting dalam manajemen diri, karena kitalah sesungguhnya yang mengendalikan emosi atau perasaan kita, bukan sebaliknya.

5. Memotivasi diri sendiri
Menata emosi sebagai alat untuk mencapai tujuan merupakan hal yang sangat penting dalam kaitan untuk memberi perhatian, untuk memotivasi diri sendiri dan menguasai diri sendiri, dan untuk berkreasi. Kendali diri emosional--menahan diri terhadap kepuasan dan mengendalikan dorongan hati--adalah landasan keberhasilan dalam berbagai bidang.
Ketrampilan memotivasi diri memungkinkan terwujudnya kinerja yang tinggi dalam segala bidang. Orang-orang yang memiliki ketrampilan ini cenderung jauh lebih produktif dan efektif dalam hal apapun yang mereka kerjakan.

itu saja yang bisa saya sampaikan...semoga jangan emosional lagi ya kawan-kawan


Image Hosted by ImageShack.us

ads

Ditulis Oleh : Admin Hari: 16.59 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Info Site